Wednesday, 5 December 2012

Fakta Lain Tentang Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina, Fakta Lain Tembok Besar Cina, Fakta Tembok Besar Cinaremajaislampos.com—TEMBOKbesar Cina. Siapa tak kenal bangunan ini. Kamu pastinya juga tahu. Iya kan? Menurut catatan sejarah, salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini dibangun sebagai benteng untuk menghambat serangan dari kelompok-kelompok suku yang berniat merusak atau merampok.
Tak cuma menghambat serangan, tembok besar Cina ternyata juga menghambat penyebaran gen-gen tanaman. Jadi, akibat adanya tembok besar itu, beberapa jenis tumbuhan dengan spesies sama yang tumbuh di sisi berlainan dari tembok ini kini tumbuh menjadi tanaman yang secara genetik benar-benar berbeda.
Fenomena seperti ini memang cukup sering terjadi. Biasanya, hal itu terjadi ketika habitat tumbuhan itu dipisahkan oleh penghalang alam seperti barisan pegunungan atau gletser (sungai es). Tapi nyatanya, penghalang buatan manusia pun bisa menumbuhkan akibat seperti penghalang alam itu.
Perubahan genetik pada tumbuhan di sepanjang tembok besar Cina diperkirakan telah terjadi lebih dari 600 tahun silam, atau pada pemerintahan dinasti Ming. ”Ini menunjukkan, betapa cepatnya perubahan genetik pada tumbuhan bisa terjadi,” komentar Peter Raven, pakar tumbuhan dari Kebun Raya Missouri, St Louis, AS.
Fakta telah terjadinya perubahan genetik tumbuhan di kedua sisi tembok besar Cina merupakan temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan Hongya Gu, seorang pakar dari Universitas Peking, Beijing. Bersama timnya, Hongya meneliti tumbuhan di tiga tempat berbeda.
Dua dari tiga tempat itu masing-masing berada di sisi berlainan dari tembok yang memiliki tinggi dan lebar enam meter itu. Sementara tempat yang ketiga merupakan jalan sempit di sebuah pegunungan yang ditumbuhi pepohonan di kedua sisinya. Tim ini kemudian meneliti 416 sampel DNA dari enam spesies tumbuhan dengan habitat, cara penyerbukan, dan sistem reproduksi yang berbeda.
Terlihat, tumbuhan yang dipisahkan oleh tembok besar Cina secara genetis lebih berbeda ketimbang tumbuhan yang tak dipisahkan oleh suatu penghalang.
Tembok besar Cina memang luar biasa ya! Masih ingat nggak, kapan tembok ini mulai dibangun? Konon sih sekitar tahun 656 sebelum Masehi. Setelah itu, para kaisar dari berbagai dinasti di Cina memperluas dan merenovasinya.
Dinasti Ming misalnya, ikut memperpanjang tembok ini, dan itu dikerjakan antara tahun 1368 hingga 1644 Masehi. Bagian dari tembok ini yang dibangun oleh dinasti Ming panjangnya mencapai 5.000 km. Tak cuma memperpanjang, dinasti Ming juga berusaha memperkuat fungsi tembok ini sebagai penghambat serangan musuh. Caranya? Membangun menara pengawas yang dilengkapi meriam di sekitar tembok ini. []

No comments:

©