Friday, 16 November 2012

Uskup Soegija Korban Kristenisasi


Oleh Arif Wibowo
Tanggal 25 November 1896, hari di mana Soegija (Soegijapranata) lahir adalah era keemasan bagi kegiatan missionarisme di Indonesia. Keuntungan besar yang diperoleh pemerintah Belanda dari hasil merampok kekayaan Indonesia melalui sistem tanam paksa (cultuurstelsel), demi kehormantan, kata Conrad Th Van Deventer, mengikat Belanda untuk melakukan politik balas budi.
Politik balas budi atau politik etis tersebut bisa dikatakan seperti sebutir permen yang diberikan Belanda setelah mereka merampas kebun tebu milik bangsa Indonesia, kata budayawan Emha Ainun Najib. Dan permen itu, bukan permen biasa, sebab ia mengandung racun “Barat dan Kristen” yang tercermin dari program-program Partai Agama di Belanda dalam menyambut politik etis ini.
Pengkristenan Nusantara tetap merupakan panggilan rakyat Kristen Eropa (Belanda), yang jika ditinjau dari segi kenegaraan maupun kemasyarakatan adalah juga sangat penting. Maka dari itu, pemerintah kolonial harus memberikan kebebasan yang seluas-luasnya dan tunjangan keuangan dalam melakukan pendidikan dan perawatan (misi).
Selain misionarisme langsung seperti yang diprogramkan Partai Agama di Belanda, juga dilakukan politik Nativisasi. Politik Nativisasi ini dimotori oleh Instituut voor de Javaansche Taal (Lembaga Bahasa Jawa) yang diotaki oleh para cendekiawan dari Netherlands Zending Genootschap (NZG). Awalnya, lembaga yang berdiri pada tahun 1832 ini bertujuan untuk kepentingan penerjemahan Bible ke dalam bahasa Jawa, tapi dalam perkembangannya lembaga ini menjadi alat politik kebudayaan untuk melakukan de Islamisasi Kebudayaan.
Kalau Kristen mendapat kebebasan bergerak dengan dukungan finansial dari pemerintah kolonial Belanda, dakwah Islam berada dalam posisi sebaliknya. Aneka pembatasan dilakukan, mulai dari pembatasan gerak dengan keharusan memiliki passport bagi santri yang ingin berguru di pesantren luar propinsi, pembatasan jamaah haji dan screening terhadap kitab-kitab yang diperbolehkan masuk ke pesantren-pesantren. Pada masa seperti itulah, seorang anak bernama Soegijapranata lahir dan bertumbuh.
Godaan Dunia dari Muntilan
Pembukaan sekolah-sekolah rakyat oleh pemerintah kolonial Belanda dalam rangka politik asosiasi dan memperoleh tenaga administrasi murah dari kalangan pribumi, menyebabkan tingginya permintaan tenaga pengajar pada saat itu. Peluang ini ditangkap Fransiscus Georgius Josephus Van Lith, seorang Jesuit senior yang bertugas di Jawa Tengah. Dalam pandangan Van Lith, posisi strategis guru adalah masa depan bagi perkembangan umat Katolik di Jawa.
Van Lith kemudian mendirikan Kolese Xaverius di Muntilan, sekolah untuk para calon guru. Kesempatan untuk menjadi guru yang dalam pandangan orang Jawa masuk ke dalam kasta priyayi, merupakan magnet tersendiri bagi Kolese Xaverius. Salah seorang alumni Muntilan angkatan 1915, Michael Slamet memaparkan, ”Untuk itu, Muntilan telah menjadi ’medan magnet’ yang mampu menarik banyak orang dari berbagai daerah di Jawa, bahkan juga di luar Jawa untuk belajar di sana. Bagi siswa dan alumni Muntilan, Kolese Xaverius dapat dianggap sebagai ”dewa penolong” bagi suatu mobilitas sosial yang dicita-citakan.”
Godaan untuk menjadi priyayi inilah yang akhirnya mengantarkan Soegija kecil untuk memutuskan memilih Kolese Xaverius menjadi tempat bagi pendidikan dan pengembangan dirinya.
Korban Kristenisasi
Berbeda dengan anak-anak lain yang mudah menyerah dan mengkonversi keislamannya menjadi Katolik, Soegija kecil termasuk ”fanatik” dengan keislamannya. Hal ini dikarenakan dalam diri Soegija masih mengalir darah kiai dari kakeknya yang bernama Kiai Soepa, seorang kiai yang cukup terkenal di Yogyakarta.
Selain itu, Soegija kecil, sebelum sekolah di Kolese Xaverius mempunyai sahabat karib yang alim. Sahabatnya itu sering mengajarkan bahasa Arab dan menceritakan kisah para nabi kepada Soegija kecil. Hal ini ditunjang dengan keberadaan rumahnya yang dekat dengan masjid.
Oleh karena itu, meskipun memutuskan untuk melanjutkan sekolah guru di Kolese Xaverius, Soegija kecil berulangkali menjelaskan bahwa kesediaannya sekolah di Muntilan semata-mata untuk menjadi guru, bukan menjadi Katolik. Pada saat ia di Muntilan, Soegija mengambil jarak dalam pergaulan. Bahkan untuk mempertahankan prinsipnya tersebut Soegija sering bertengkar dengan para seniornya yang membujuknya untuk menjadi Katolik. Akan tetapi intensitas pergaulan dan pengajaran di Muntilan kemudian mengubah pandangan Soegijapranata.
Namun, pendekatan yang lembut dan santun dari Van Lith dan para Romo yang membimbing selama di Kolese Xaverius, pelan tapi pasti menggoyahkan keimanan Soegija. Kesan akan kedekatan ini diceritakan oleh Soegija, ”Kehidupan asrama diselenggarakan dalam suasana keluarga. Di sana disediakan beraneka ragam permainan dan seperangkat gamelan. Romo Van Lith sering mengisahkan sejarah yang terjadi di Eropa atau bercerita hal-hal yang lucu. Ini membuka wawasan pengetahuan anak yang disampaikan secara segar dan diselingi dengan gelak tawa. Romo Van Lith mengusahakan terciptanya hubungan yang dekat antara guru dan murid. Sebagaimana diceritakan mantan muridnya bahwa di dalam kelas, Romo Van Lith tidak segan-segan membagikan makanan sambil berucap ”Iki tanda tresna, bocah” (Anak-anak, ini adalah tanda cinta kasih).
Akhirnya Soegija pun luluh, bahkan kemudian justru Soegija kecil yang meminta kepada Van Lith untuk mendapatkan pengajaran agama Katolik, bahkan akhirnya minta untuk dibaptis. Sebuah pertarungan iman yang tentu saja tidak seimbang. Seorang Soegija kecil yang ingin derajatnya naik menjadi priyayi, yang waktu itu masih berumur 13 tahun ketika memasuki Kolese Xaverius di tahun 1909 bertarung iman dengan Van Lith dan para Romo Jesuit senior. Hal ini dikuatkan fakta bahwa Soegija bukanlah satu-satunya korban, sebab pada akhirnya semua anak Muslim yang sekolah di Kolese Xaverius berhasil di Katolikkan.
Kasihan Soegija dan teman-temannya, keinginannya untuk menaikkan derajat keduniaan telah menyebabkan tergantikannya harta yang paling berharga bagi seorang Muslim yakni keimanan dan ke Islaman. Dan bagi umat Islam, Soegija adalah potret buram sejarah yang tidak boleh lagi terulang di masa kini maupun masa depan.* Mahasiswa Magister Pemikiran Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan juga aktivis INSIST (Institute for the Study of Islamic Thought & Civilizations) SUARA HIDASYATULLAH AGUSTUS 2012

No comments:

©