Friday, 16 November 2012

Soal Keamanan Cyber, Indonesia Memilih Kerjasama Dengan Israel!

SAAT Palestina habis-habisan digempur Israel, Indonesia justru menjalin kerjasama dengan Negara zionis ini. Meskipun Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik, tetapi itu tidak menghalangi kedua negara untuk melakukan kerjasama, khususnya kerjasama di bidang keamanan dunia maya.
Berdasarkan laporan itoday pada hari Jum’at (16/11) Indonesia akan mengirimkan delegasi resmi bidang pertahanan dan keamanan, ke sebuah konferensi internasional di Tel Aviv, Israel yang diadakan minggu ini.
Dikutip dari Haaretz, Indonesia dan Israel berencana melakukan kerjasama dibidang cyber. Untuk itu, pihak Indonesia telah mengirimkan pejabat pertahanan yang bertanggungjawab atas pembangunan infrastruktur pertahanan dan keamanan cyber.
Direktur dari Israeli Export Institute (bagian dari Kementerian Industri dan Perdagangan Israel), Ramzy Gabbay mengatakan konferensi internasional yang diadakan di Tel Aviv terbuka untuk siapa saja. Dan mengharapkan kedatangan delegasi Indonesia.
Walau tak memiliki hubungan diplomatik, namun nilai perdagangan kedua negara terbilang cukup besar. Di 2008 misalnya, nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 750 juta, dan US$ 450 juta di 2009. Bahkan di 2009, Indonesia dan Israel sepakat untuk membuat kamar dagang yang dikepalai Emanuek Shahaf, seorang diplomat Israel dan CEO dari Technology Asia Consulting.
Sebelumnya, hubungan Indonesia-Israel mulai membaik di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. [sm/islampos/itoday]

No comments:

©