Saturday, 10 November 2012

SBY Minta Rakyat Bangga Punya Presiden Bergelar Kasatria Salib Agung


LONDON (voa-islam.com) - SBY menegaskan pemberian gelar Honorary Knights Grand Cross of the Order of the Bath atau Ksatria Salib Agung tersebut adalah bentuk penghargaan atas prestasinya. Kepada rakyat Indonesia yang notabene mayoritas Muslim, SBY minta agar bangga punya presiden bergelar Ksatria Salib Agung.

Penegasan itu disampaikan SBY sesaat sebelum meninggalkan Inggris menuju Laos, Sabtu (3/11) waktu setempat. Menurut SBY, rakyat Indonesia seharusnya bangga atas berbagai  penghargaan yang diterima lewat dirinya di dunia internasional.

Penghargaan berupa selempang dan bintang dari Kerajaan Inggris ini diperlihatkan kepada Presiden SBY dan Ibu Ani oleh Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip seusai jamuan santap siang di Blue Drawing Room, Istana Buckingham, London, Inggris, Rabu (31/10/2012) pukul 14.30 waktu setempat.

Knight Grand Cross atau Ksatria Salib Agung merupakan kelas paling senior/tinggi dari tujuh perintah ksatria Inggris, sementara tiga diantaranya sudah tidak digunakan.

Tercatat beberapa pemimpin negara yang pernah menerima gelar tersebut, antara lain Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen, Presiden Prancis Jaques Chirac dan Presiden Turki Abdullah Gul.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh ormas Islam begitu mengecam gelar yang diterima SBY tersebut. Pemberian gelar tersebut berarti SBY sudah resmi menajadi panglima perang salib di Indonesia atau Asia Tenggar. Menurut para tokoh Islam, harusnya SBY sebagai presiden negara Muslim terbesar dunia bisa menjaga perasaan umat Islam, dengan menolak pemberian gelar tersebut.  [Widad/dbs]

No comments:

©