Wednesday, 28 November 2012

Puzzlebox Orbit, Helikopter Yang Dikendalikan Gelombang Otak


altMengendalikan obyek melalui pikiran sepertinya bukan hal yang mustahil lagi. Pengendalian pikiran yang dikenal dengan istilah Telekinesis, kini merambah dunia teknologi dengan diciptakannya sebuah perangkat dengan nama Puzzlebox Orbit.

Puzzlebox Orbit merupakan sebuah helikopter mainan yang bisa dioperasikan melalui gelombang otak penggunanya.  Mainan ini dikembangkan oleh Puzzlebox yang bermarkas di San Fransisco. Saat memperkenalkan perangkat besutannya, CTO Puzzlebox, Steve Castellotti, menyebutnya sebagai 'obyek terbang yang dikendalikan oleh otak Anda'.

Secara keseluruhan, perangkat ini terdiri dari tiga komponen, sebuah helikopter, piramida yang berfungsi sebagai sistem pengendali, serta sebuah headset EEG (NeuroSky MindWave Mobile Electroencephalography) yang berfungsi sebagai pembaca aktifitas penggunanya.

Cara kerjanya yaitu melalui headset EEG yang akan membaca aktivitas otak penggunanya. Si pengguna tinggal berkonsentrasi dan fokus untuk menerbangkan helikopter.

Saat ini Puzzlebox Orbit belum sepenuhnya diluncurkan dan masih berupa prototipe. Namun demikian perangkat ini telah didemonstrasikan di beberapa sekolah di Amerika dan mendapat sambutan yang cukup baik.

Puzzlebox Orbit merupakan proyek yang jangka pendek dari pengembangnya. Pengembangnya mengharapkan ke depannya teknlogi Orbit tersebut bisa digunakan untuk hal yang lebih canggih lagi, seperti untuk pelatihan fokus mental atau relaksasi, atau sebagai bantuan untuk mengajarkan sains dan teknologi di sekolah.

Jika ingin melihat lebih jauh proyek Puzzlebox Orbit, Anda bisa mengunjungi situs Kickstarter melalui tautan http://www.kickstarter.com/projects/puzzlebox/puzzlebox-orbit-brain-controlled-helicopter.

No comments:

©