Wednesday, 28 November 2012

Apple App Store Ternyata Juga Terjangkit Virus Trojan

 
find and call
Malware ternyata tak hanya ditemukan pada toko aplikasi Android Google Play. Apple App Store pun ternyata terjangkit virus tersebut. Hal ini cukup jarang terjadi, sedangkan untuk Google Play, hal ini mungkin sudah cukup awam. Karena penemuan virus berbahaya sering dilakukan oleh para peneliti keamanan di situs tersebut.
Hal ini diungkapkan oleh para peneliti keamanan dari Kaspersky. Selain menemukan virus Trojan pencuri data pribadi di Apple App Store, para peneliti tersebut juga menemukan virus yang sama di Google Play Store.
Adalah sebuah aplikasi bernama Find and Call yang merupakan aplikasi dengan virus Trojan di dalamnya. Aplikasi ini merupakan sebuah phonebook virtual yang berfungsi untuk menemukan sebuah nomor kontak dan melakukan panggilan.
Menurut Kaspersky, setelah aplikasi tersebut terinstall, program ini akan meminta pengguna handphone untuk melakukan registrasi dengan memasukkan nomor handphone dan alamat email. Dan, setelah data-data tersebut terisi secara lengkap, maka semua nomor kontak yang ada di handphonenya tersebut secara tiba-tiba akan diupload secara diam-diam ke sebuah server remote.
Belum cukup sampai di situ. Aplikasi ini juga mampu mencuri koordinat GPS. Dan, yang paling merugikan, aplikasi malware ini akan mengirimkan SMS spamming ke nomor-nomor kontak yang ada di handphone Anda.
Bahkan untuk membuat para pengguna handphone yakin, pembuat aplikasi tersebut pun memiliki sebuah website resmi. Dan, seperti halnya aplikasi, website ini pun memiliki jebakan yang berbahaya. Anda akan diminta untuk memasukkan email, akun jejaring sosial serta akun PayPal. Tentu saja hal ini berujung pada pencurian uang dari akun PayPal Anda.
Google dan Apple telah mengumumkan mengenai keberadaan aplikasi tersebut. Merekapun mengimbau agar para pengguna handphone Android dan iPhone berhati-hati dalam mengunduh sebuah aplikasi.

No comments:

©