Tuesday, 13 November 2012

Makhluk-makhluk Yang Mengagumkan

SEKALI lagi begitu banyak pokok persoalan yang disebutkan Al-Qur’an yang sungguh dapat melahirkan kekaguman luar biasa terhadap rinciannya. Kadang-kadang langit, kadang-kadang hewan, kadang-kadang manusia, dan kadang-kadang lainnya yang ditunjukan Allah melalui penciptaannya. Dan kali ini Al-Qur’an merincikan tentang makhluk-makhluk yang mengagumkan.
“Dialah Allah, Yang Menciptakan, Yang Menjadikan, Yang Membentuk Rupa.  Baginya nama-nama terbaik.  Semua yang ada di langit dan bumi mengagungkan-Nya.  Dialah Yang Maha Kuasa, Yang Maha Bijaksana.” (QS Al Asyr: 24)
Tak terhitung lagi jenis makhluk hidup di permukaan bumi yang diciptakan oleh sang Maha Pencipta, Allah. Dari binatang peliharaan seperti kucing yang melintas di depan kita setiap hari, sampai binatang-binatang yang mendiami belantara yang belum terjamah manusia.
Seperti yang diketahui bahwa setiap jenis makhluk memiliki sifat menakjubkan dan keahlian yang luar biasa.  Misalnya, bagaimana lebah dapat membangun sarang madu yang begitu sempurna, lalu kepedulian seekor buaya atau singa pada anak-anaknya, yang sungguh kita dibuat penasaran karenanya, bagaimana mungkin binatang sebuas itu dapat begitu penuh kasih.  Belum lagi burung-burung kecil, yang melakukan  perjalanan dengan jarak ribuan kilometer tanpa henti.  Sungguh semakin takjublah kita dibuatnya oleh makhluk-makhluk itu.
Lalu beberapa hewan-hewan diantara mereka memiliki bentuk tubuh tertentu.  Ada yang terbang, ada yang berenang. Susunan tubuh seekor ikan, misalnya,  tepat sesuai dengan kebutuhan hidupnya di bawah air.  Ia memiliki insang atau paru-paru, mata, dan kulit yang memungkinkannya hidup di dalam air.  Sementara burung memiliki paru-paru dan bulu-bulu yang memiliki susunan untuk dapat terbang.
Pastilah makhluk-makhluk hidup itu tidak memperoleh keahlian atau bentuk tubuh secara kebetulan, sehingga mereka mampu menjalankan tugas-tugas luar biasa atas upaya mereka sendiri. Sekali lagi tentu ada yang menciptakannya, suatu Zat yang memiliki kekuasaan dan kecerdasan yang tinggi.  Tak lain dan tak bukan Zat itu adalah Allah, Yang menciptakan manusia dan makhluk hidup lainnya, Allah memberikan semua keistimewaan yang mereka miliki.
Dan itulah bagaimana seharusnya manusia memahami kebesaran Allah Yang telah menciptakan makhluk-makhluk cantik itu, dan betapa besarnya cinta-Nya kepada kita. Sekali lagi beruntunglah manusia sebagai makhluk paling sempurna diantara ciptaan-ciptaanNya. [nr/islampos/miracleofquran]

No comments:

©