Wednesday, 7 November 2012

Hukuman ‘Aneh’ Untuk Pembuat Film ‘Innocence of Muslims’

ETELAH pembuat film kontroversial ini tertangkap, akhirnya dia dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun saja. Pria berkebangsaan Amerika Serikat-Mesir dengan agama Kristen Koptik, yang berada di belakang film anti-Islam berjudul ‘Innocence of Muslims’ ini menyebabkan protes massal di Timur Tengah, hingga menelan korban jiwa.
Nakoula Basseley atau yang dikenal dengan nama samaran Sam Bacile, dijatuhi hukuman oleh hakim Christina Snyder di California, setelah mengakui empat pelanggaran dan terkena pasal penipuan.
Ia juga akan mendapatkan pengawasan dari pihak berwajib selama empat tahun setelah bebas.
Namun, tak satu pun dari tuduhan itu yang terkait dengan isi film yang menghina dan melukai perasaan umat Muslim.
Padahal Jaksa telah menuntut hukuman selama dua tahun penjara.
Ini bukan kali pertama Nakoula berurusan dengan meja hijau, sebelumnya ia sempat mendapat hukuman selama 21 bulan pada tahun 2010. Saat itu dia dihukum karena membuka sekitar 60 rekening bank untuk melakukan skema penipuan cek, menurut jaksa.
The Los Angeles Times mengatakan bahwa saat dia berada di penjara, ia membaca Al-Quran dan mencari cara untuk mengkritik Islam.
Setelah dibebaskan, ia dilarang menggunakan komputer atau internet selama lima tahun.
Habis masa percobaan itu ia membuat film kontroversial yang membuat umat Islam di seluruh dunia geram, karena film itu telah menghina Rasulullah saw. [hf/islampos/bbc]

No comments:

©