Wednesday, 28 November 2012

Apollo Plus: Mengejar Kesempurnaan Windows Phone 8

altSalah satu fasilitas yang sangat diharapkan oleh para pengembang aplikasi untuk lingkungan Windows Phone (WP) 8 adalah Notification Center. Fasilitas ini merupakan salah satu hal penting namun tidak disediakan di Windows Phone 8, padahal fasilitas tersebut sudah lama ada untuk iOS dan Android.
Berdasar desakan dari para pengembang itulah, Microsoft berencana untuk mengeluarkan paket update untuk Windows Phone 8, yang disebut sebagai Apollo Plus.
Selain rencana penambahan layanan Notification Center dan pembenahan beberapa kelemahan dan kesalahan (bug) sistem, pada paket Apollo Plus juga direncanakan akan ditambahkan fasilitas dukungan VPN (Virtual Private Network), peningkatan kemampuan koneksi Wi-Fi untuk dapat selalu hidup, dan juga perbaikan kinerja dari komponen software untuk menangani suara.
Dengan tambahan dua fasilitas penting, yaitu Notification Center dan VPN dalam otak Windows Phone 8, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan semua piranti yang menjalankan WP 8 serta dapat memberikan solusi yang lebih baik kepada organisasi atau perusahaan yang menggunakan peranti ponsel cerdas untuk mendukung proses bisnisnya.
Rencana dikeluarkannya Apollo Plus ini juga akan digunakan sebagai ajang uji coba fasilitas update over-the-air (OTA) yang saat ini juga sudah tersedia di iOS dan Android.
Lantas kapan ApolloPlus akan dikeluarkan? Menurut sumber dari Microsoft sendiri, paket update Apollo Plus ini akan diumumkan secara resmi dan detail pada acara Mobile World Congress yang akan digelar bulan Februari 2013.
Bisa saja waktu yang hanya tinggal 3 bulan ini menjadi faktor penting bagi Microsoft terkait dengan persaingan fasilitas dan layanannya bagi pemakai ponsel cerdas, terutama terkait dengan layanan Notification Center. Di sisi lain, RIM dengan Blackberry 10,  juga telah siap menyerbu pasar pemakai ponsel cerdas pada awal tahun 2013.

No comments:

©