Monday, 22 October 2012

Yahudi-Yahudi Di Belakang Harry Potter


islampos.com—BUKU dan film Harry Potter selalu banyak berhubungan dengan Yahudi. Apa dan siapa saja Yahudi yang ada di balik Harry Potter?
Yang paling kentara tentu saja buku keenam Harry Potter “Harry Potter and The Half Blood Prince”. Seperti buku “Potter” J.K. Rowling lainnya yang terjual jutaan kopi—“Prince” (atau pangeran) biasanya dihubungkan sebagai metafora untuk rasisme dan pembersihan etnik, termasuk tokoh-tokoh yang mengacu pada “pure-bloods” (darah murni), “half-bloods” (darah campuran) atau mudblood (hinaan rasis yang ditujukan pada mereka dalam cerita Harry Potter yang tidak dilahirkan dari keluarga penyihir).
Lord Voldermort (salah satu tokoh sentral dalam Harry Potter sekaligus musuh besarnya) menjalani masa kecilnya dan kemudian berubah menjadi pembantai keji orang-orang yang tak bisa sihir (muggles). Menurut David Heyman, produser Potter kelahiran Inggris, semua tindakan Lord Voldemort dan pengikutnya mirip seperti Nazi Jerman. “(Mereka semua) seperti bangsa Arya dalam pemikiran Hitler.”
Daniel Radcliffe—pemeran Harry Potter sejak film pertama—adalah keturunan Yahudi, berasal dari ibunya, dan Daniel sendiri sudah menyatakan kalau ia seorang Yahudi. Heyman sendiri sama dengan Radcliffe, adalah seorang keturunan Yahudi. Ia bahkan telah membuat sebuah film tentang Holocaust di tahun 2008 berjudul “The Boy in the Striped Pajamas.”
Helena Bonham Carter, memerankan Pelahap Maut Bellatrix Lestrange juga seorang Yahudi yang berasal dari ibunya. Jason Isaacs, juga Pelahap Maut memerankan Lucius Malfoy, adalah seorang Yahudi. Isaacs mengatakan bahwa ia sedang mempertimbangkan apakah ia akan menyatakan ia seorang Yahudi ataukah tidak, berkaitan dengan karirnya. [sa/islampos/berbagaisumber

No comments:

©