Sunday, 21 October 2012

Usamah bin Ladin Siapa?


islampos.com—NAMA Nama Usama bin Laden dalam dunia “per-teroris-an” Amerika dan Barat dalam sepuluh tahun terakhir ini bergaung keras. Sembilan tahun untuk “kehidupannya”. Satu tahun belakangan untuk “kematiannya”. Namun benarkah ada orang bernama Usamah bin Laden itu? Ataukah jika ada, benarkah Usamah bin Laden masih hidup? BBC mempertanyakan.
Teori yang berkembang sejak 9 / 11 adalah bahwa badan intelijen AS menyebutkan Bin Laden sebagai hantu yang jahat, dan sosoknya menjadi pembenaran untuk melakukan perang melawan teror di Afghanistan, dan Irak.
Sebuah pertanyaan dituliskan oleh BBC: Usamah bin Laden meninggal delapan tahun yang lalu dalam pertempuran Tora Bora di Afghanistan, baik karena bom AS atau dari penyakit ginjal yang serius (?).
Selama satu dekade, Usamah bin Laden telah berhasil menghindari adikuasa dunia dan perburuan terbesar dalam sejarah.
Bruce Riedel, yang memimpin peninjauan kebijakan Presiden AS Barack Obama di Afghanistan dan Pakistan, menyaksikan satu dan lain hal tentang Bin Laden. “Kami tidak tahu di mana dia,” katanya. Dalam hal ini, Bin Laden telah menjadi mitos dan rumor.
Rekaman-Rekaman Palsu?
Banyak audio dan video berisi pernyataan yang mengaku berasal dari Bin Laden, tapi keasliannya ternyata masih terus-menerus dipertanyakan. David Ray Griffin, seorang profesor teologi dan mantan anggota 9 / 11 Truth Movement, mempertanyakan kebenaran rekaman-rekaman itu.
“Tak satu pun dari rekaman-rekaman itu terbukti otentik,” katanya. “Setidaknya tiga di antaranya dapat dipastikan sebagai rekaman palsu. Dan jika seseorang telah berpura-pura sebagai Bin Laden, maka semua kaset video dan audio lainnya pun mengarah pada kecurigaan bahwa itu telah dipalsukan.”
Contoh pertama adalah video yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan AS pada bulan Desember 2001. Di dalamnya, Bin Laden mengaku sebagai dalang peledakan 9 / 11, namun Mr Griffin menunjukkan bahwa al-Qaida hanya sebenarnya jarang sekali mengakui tanggung jawabnya atas serangan teroris.
Dia juga berpendapat bahwa sosok Bin Laden terlihat sangat berbeda dengan rekaman sebelumnya—lebih gemuk, dengan jari-jari lebih pendek, dan Usamah bahkan menulis dengan tangan yang salah.
Sebagian besar pernyataan Bin Laden adalah hanya audio. Hanya dua yang menunjukkan Bin Laden berbicara telah dikeluarkan sejak tahun 2001. Griffin juga berpendapat bahwa sebuah video yang dirilis pada bulan Oktober 2004—hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden—tidak memiliki retorika keagamaan yang terkandung dalam pernyataan sebelumnya. Video ini, katanya, membantu George W Bush aman di posisi presiden untuk kedua kalinya.
Seorang mantan agen CIA juga mempertanyaan keaslian rekaman-rekaman. Robert Baer menolak saran konspirasi oleh intelijen Barat tetapi tidak memikirkan bahwa al-Qaida mungkin telah memalsukan video. Andy Laws, seorang mantan analis gambar militer, diminta oleh BBC untuk meneliti keaslian rekaman-rekaman Usamah, dan ia mengatakan bahwa semua rekaman itu telah melalui proses editing. Namun ia menyangsikan jika militer AS yang telah memalsukan rekaman-rekaman itu.
Bin Laden telah mengeluarkan sekitar 40 pernyataan sejak 9 / 11, dan itu jumlah yang sangat banyak untuk seorang “teroris” besar seperti dirinya. Bandingkan dengan Khaled Mesyaal, pemimpin Hamas, yang susah sekali ditemui oleh media.
Mantan agen CIA, Seni Keller, mengatakan, “Saya pikir teori konspirasi bahwa dia (bin Laden) sudah mati, adalah sangat menggelikan. Dalam hal ini, realitasnya sangat sulit dan kita sedang melakukan beroperasi di daerah dengan kemungkinan terburuk di dunia dan melacak seseorang yang sangat licik dan licin.”
Usamah bin Laden, keberadaannya dan atau hidup dan matinya, akan dijawab oleh sejarah dengan semua kebenaran. Waktu itulah yang akan menunjukan siapa salah dan yang jahat pada kenyataannya. (sa/islampos/bbc)

No comments:

©