Wednesday, 31 October 2012

Pengamat: Inggris Ingin Bersaing Dengan Amerika Untuk Menguasai Indonesia



PENGAMAT Hubungan Internasional, Farid Wadjdi menilai penghargaan Ratu Inggris kepada Susilo Bambang Yudhoyono adalah cara Inggris untuk bersaing dengan Amerika untuk menancapkan kekuasaan di Indonesia.
“Itu sudah sejarah lama. Hal ini bisa kita lihat dari kasus Mesir setelah perang Dunia II yang dulu dikuasai oleh Inggris, tapi sekarang Amerika sudah masuk dalamnya,” tegasnya kepada Islampos.com, Selasa (30/10/2012).
Amerika yang kini mengalami krisis adalah momentum bagi Inggris untuk menggeser negara adidaya tersebut dalam konstelasi kekuasaan politik di Indonesia.
“Ini menjadi kesempatan bagi Inggris untuk masuk menguasai Indonesia. Tujuannya adalah deal bisnis dengan Indonesia demi kepentingan Inggris di masa yang akan datang,” sambung alumnus HI Universitas Padjadjaran ini.
Seperti diberitakan Ratu Elizabeth II akan memberikan “Knight Grand Cross of the Order of Bath” kepada Presiden SBY karena dianggap memiliki prestasi baik di bidang militer maupun sipil. Pagi ini SBY mengatakan Indonesia dan Inggris akan fokus pengembangan kerjasama di lima bidang yang saling menguntungkan. Kelima bidang prioritas itu adalah perdagangan, investasi, pendidikan, lingkungan hidup, serta demokrasi dan kerjasama antar-agama. (Pz/Islampos)

No comments:

©