Saturday, 20 October 2012

Munculnya Komet Pertanda Kehancuran ?

Apakah Komet itu ?

Komet adalah benda angkasa yang sangat unik mirip namun sangat berbeda dari benda lain atau badan yang muncul di ruang angkasa. Mereka terdiri dari inti yang mengandung es dan debu, dan ketika mereka mendekati sebuah bintang sekelas matahari mereka memancarkan ekor partikel gas dan debu yang beruntun menjauh dari objek yang mereka tuju. Mereka mungkin juga memberikan adanya koma, yang merupakan atmosfer tipis, sementara yang dihasilkan oleh efek yang berlaku dari radiasi matahari dan angin matahari. 

Seperti semua benda angkasa lain, komet memiliki siklus orbit mereka mengikuti yang dapat mencakup berbagai macam periode, yang berarti bahwa mereka hanya terlihat dari Bumi dan mata telanjang selama periode tertentu ketika mereka cukup dekat dengan planet atau matahari. Siklus orbit komet dapat berkisar dari beberapa tahun atau bahkan ratusan ribu tahun. Komet dengan siklus orbit pendek diperkirakan berasal dari Sabuk Kuiper yang terletak di luar dan di luar orbit Neptunus, sementara komet dengan siklus berlebihan atau lebih orbital diperkirakan berasal dari luar tata surya  atau apa yang disebut sebagai awan konfigurasi Oort atau kabut Ort.

Komet hiperbolik adalah benda-benda langit yang harus terlebih dahulu melalui sistem dalam tata surya kita sebelum dilemparkan keluar ke ruang antar bintang di sepanjang lintasan tata surya.  seperti halnya lintasan Spiral dan elips yang dimiliki planet-planet di tata surya kita yang berputar di sekitar objek pusat seperti matahari serta tetap menjaga jarak tertentu di berbagai titik di sepanjang jalur orbit. 

Sebuah lintasan hiperbolik atau tidak mengikuti hukum yang sama baik ruang maupun waktu perjalanan. Jalur orbit benda-benda langit seperti komet berhubungan dengan objek secara signifikan lebih dekat dengan medan gravitasi pusat dari tata surya sebelum memaksa untuk keluar ke daerah terdalam tata surya di mana pada titik itu komet akan memulai kembali perjalanan menuju tokoh sentral orbitnya. 

Sejak januari tahun 2011 ada 4.185 komet dikenal dalam tata surya kita. rata - rata komet yang terlihat setahun sekali, ada yang agak kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, sementara yang lain yang disebut sebagai Komet Besar sangat terlihat mengagumkan dan memberi inspirasi yang menerangi langit malam. Komet ditentukan oleh penampilan dan koma atau ekor yang mengklasifikasikan secara terpisah dari asteroid. Asal usul asteroid diperkirakan berada di dalam orbit Jupiter sedangkan asal komet berasal dari luar tata surya planet kita.

Munculnya kembali sebuah komet bisa terjadi dalam siklus beberapa ratus , ribu atau bahkan jutaan tahun dan sering dikaitkan dengan pertanda-pertanda buruk dan malapetaka yang akan datang serta kehancuran. Benarkah munculnya sebuah komet adalah pertanda buruk dan atau malapetaka yang membawa kehancuran ...?

No comments:

©