Monday, 22 October 2012

Harry Potter Seorang Yahudi?


islampos.com—HARRY Potter, tokoh komik dan film yang sangat terkenal dan membius jutaan orang di dunia ini, sudah selesai, baik di dalam film ataupun bukunya. Kisah dunia sihir ini sudah meraup begitu banyak pemasukan.
Pada tahun 2005, pada 29-31 Juli, sekitar 250 orang penggemar Potter berkumpul di Reading Universitas, Inggris, mendiskusikan bahwa Harry Potter adalah seorang anak lelaki Yahudi.
Presenter Amy Miller mengatakan bahwa Harry Potter mempunyai nama Yahudi “has a yiddishe neshama” atau berarti seorang anak lelaki Yahudi yang baik.
“Dia memang tidak mengenakan topi khas Yahudi, tidak bersekolah di Hebron, atau tidak melaksanakan kosher (makanan Yahudi), tapi dia sangat peduli terhadap orang lain, baik, dan mempertahankan keyakinannya. Ini adalah gambaran tentang sikap Yahudi yang sesungguhnya,” ujar Miller.
Diskusi akademik yang lain juga terjadi mengenai cara dan jalan hidup Potter. Menurut Cia Soutter, perkembangan Harry sama dengan kabbala, “pohon kehidupan.”
Sedangkan Gila Bar Hilel, penerjemah buku-buku Harry Potter dalam bahasa Israel, mengatakan, “Saya tidak berpikir bahwa orang akan mengklaim Harry Potter seorang Yahudi. Tapi jika harus serius, semuanya itu menyenangkan.” (sa/islampos/jewishjournal/ynet)

No comments:

©