Friday, 26 October 2012

AS Embargo Minyak Iran, Benarkah Senjata Makan Tuan?


islampos.com– SANKSI-sanksi yang ditetapkan AS dan Uni Eropa terhadap Iran dilaporkan telah memicu kawasan Euro mengalami resesi. Namun Benarkah hal itu  terjadi atau hanya kongkalikong antara AS dengan Iran?
Seperti yang diketahui pada tiga bulan yang lalu, tepatnya pada malam tahun baru, Washington telah menetapkan sanksi baru untuk Iran. Washington juga akan menghukum negara yang mengimpor minyak Iran atau melakukan perdagangan lewat Bank Sentral.
Menlu Uni Eropa juga menyetujui sanksi tersebut pada tanggal 23 Januari lalu,  mendukung larangan impor minyak Iran, transaksi logam mulia  dan pembekuan aset Bank Sentral Iran di Uni Eropa.
Hal itu memang sepertinya hanya gertakan saja, tapi mengapa justru menyeret Ekonomi kawasan Eropa semakin terpuruk, lalu ditambah harga minyak mentah yang semakin meningkat drastis.
Bahkan Obama mengaku, bahwa ketegangan yang semakin meningkat dengan Iran telah membuat harga minyak melejit tinggi.
Sementara, organisasi JODI yang bergerak dalam pengumpulan data menunjukkan bahwa ekspor minyak mentah Iran malah meningkat selama bulan Januari. Padahal, sanksi embargo minyak Iran telah dijatuhkan.  [nr/islampos/it]

No comments:

©