Sunday, 2 September 2012

Situs Jejaring Muslim



CMnet situs jejaring sosial Muslim Indonesia, yang diciptakan Dolla Indra (25), pemuda Agam Sumatera Barat, sejak dirilis pada 6 Agustus 2010 kian eksis dengan mendapat perhatian luas pengguna situs pertemanan di dunia maya. "Sejak dirilis 6 Agustus 2010 CMnet sudah memiliki 3.700 member yang berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, Malaysia, Hong Kong, Mesir, Kuwait, Eropa serta dikunjungi 5.894.954 kali," kata pencipta CMnet, Dolla Indra.

Saat ini, Dolla sedang dilakukan upgrade CMnet guna mengantisipasi terjadinya serangan peretas  agar server CMnet menjadi lebih kuat dan stabil. Ia mengatakan, sejak dirilis, CMnet tidak hanya mendapat sambutan positif di dunia maya namun juga ada pihak yang berusaha untuk membobol dan melumpuhkan situs itu.  "Tidak kurang dari 5.000 kali tercatat upaya untuk membobol CMnet," kata dia.
Bahkan, lanjutnya, serangan terparah pernah menyebabkan server CMnet mati total sehingga tidak bisa diakses selama beberapa jam pada (14/8) lalu. "Namun Alhamdulillah itu bisa diatasi sehingga CMnet bisa bertahan hingga hari ini dan semakin banyak dikunjungi," katanya.
Menurut dia, CMnet bukan saingan dari situs jejaring sosial yang telah ada. CMnet hanyalah alternatif bagi yang menginginkan suasana yang berbeda dari situs jejaring sosial. Ke depan, Dolla mengatakan akan membangun server yang lebih memadai. CMnet merupakan langkah awal untuk pengembangan aplikasi berbasis web di Indonesia. Karenanya ia berharap mendapat dukungan dari pemerintah Sumbar serta pusat. "Jika konten lokal berkembang di Indonesia, maka biaya Internet akan semakin murah," lanjutnya.
CMnet merupakan situs jejaring sosial Muslim pertama di Indonesia yang menggabungkan konsep Facebook dan Twitter dengan sistem opensource yang telah diedit. (ant)

No comments:

©