Sunday, 2 September 2012

Serba – Serbi Air Mata

Tahukah Anda, Bila Anda Sakit atau bersedih mengapa menangis dan meneteskan air mata?
Hasil analisa terhadap air mata manusia, ternyata air mata kita mengandung zat-zat kimia yang dapat meredam rasa sakit yang dikeluarkan oleh otak ketika kita menangis. Hasil analisa ini dipaparkan dr. William Frued riseter sebuah Universitas di Amerika Serikat yang dimuat dalam Jurnal Al-Mushawwir edisi 30 / 3 / 1984
Sementara itu, Advokasi dokter Inggris menyatakan bahwa air mata yang disebabkan oleh kulit bawang merah, ternyata adalah proses cleaning (pembersihan) terhadap zat – zat yang tidak berguna bagi tubuh kita. Adapun air mata yang keluar secara alami karena sedih, beberapa penelitian menyebutkan bahwa air mata tersebut membersihkan tubuh kita dari zat – zat kimia membahayakan akibat sedih, cemas dan gangguan psikis lainnya.
Keputusan yang dihasilkan para peneliti mengatakan bahwa pembersihan tubuh dari zat – zat kimia yang dilakukan air mata dapat mencegah penyakit di lambung, begitu juga dapat mencegah jantung kita dari beberapa kuman dan dapat menjadi penyeimbang tubuh kita agar tidak rusak akibat cemas.@

Serba – Serbi Ayat Al-Quran
Keseimbangan alam semesta raya nan luas ini tak lepas dari perhitungan Allah. Tahukah Anda keseimbangan juga terdapat dalam bilangan ayat suci Al-Quran, kata – kata yang menunjukkan berpasangan atau berlawanan berjumlah seimbang. Tahukah Anda bahwa keseimbangan di dalam Al-Quran terdapat dalam jumlah kata – kata berikut ini:
Terdapat kata-kata LAKI-LAKI sebanyak 24 dan kata-kata PEREMPUAN juga berjumlah yang sama sebanyak 24 ?
Terdapat kata-kata DUNIA sebanyak 115 dan kata-kata AKHIRAT juga berjumlah yang sama sebanyak 115 ?
Terdapat kata-kata MALAIKAT sebanyak 88 dan kata-kata SYAITHAN juga berjumlah yang sama sebanyak 88 ?
Terdapat kata-kata HIDUP sebanyak 145 dan kata-kata MATI juga berjumlah yang sama sebanyak 145 ?
Terdapat kata-kata LAUT sebanyak 32 dan kata-kata DARATAN berjumlah sebanyak 13 ?
Bila dihitung 32 + 13 = 45
Sehingga, luas Lautan 32/45 x 100% = 71,11% dari permukaan bumi dan Luas Daratan 13/45 x 100% = 28,89% dari permukaan bumi. Dan ini terbukti!

Akibat Minum Berdiri
Tahukah Anda bahwa minum dan makan sambil berdiri dapat mengakibatkan disfungsi pencernaan?
Etika dan sopan santun dalam urusan makan dan minum sudah mafhum di masyarakat dilakukan dengan duduk tenang, tidak berdiri apalagi berlari. Bila sopan santun ini tidak diperhatikan, bukan saja melanggar norma masyarakat tetapi juga menyelisihi hadis Nabi saw, di samping itu menurut para dokter makan sambil berdiri dapat berakibat buruk bagi kesehatan.
Kebiasaan makan dan minum berdiri dapat berakibat buruk bagi dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa bebenturan dengan makanan atau minuman yang masuk. Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.
Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (Vagal Inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.
Tepatlah bila hadits dari Anas dan Qatadah r.a, dari Nabi saw, menyebutkan, "Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri." Qotadah ra berkata, "Bagaimana dengan makan?" Beliau menjawab, "Itu lebih buruk lagi." (HR. Muslim)

No comments:

©