Sunday, 2 September 2012

Materi Jubah Gaib ala Harry Potter Nyaris Dibuat


Ilmuwan di Inggris telah mendemonstrasikan sebuah selaput fleksibel yang merepresentasikan langkah besar yang mendekati materi "jubah gaib" yang digunakan Harry Potter.
Selaput ini terdiri dari struktur mungil yang disatukan dari bentuk "metamaterial" yang bisa melakukan trik untuk memanipulasi cahaya untuk membuat obyek tidak terlihat.
Metamaterial fleksibel ini telah dibuat sebelumnya, tetapi hanya bekerja untuk cahaya dari warna yang berada jauh dari jangkauan penglihatan kita.
Fisikawan telah memuji pendekatan ini sebagai "sebuah langkah besar". Pendekatan ini dilaporkan dalam New Journal of Physics.
Metamaterial bekerja dengan memecah dan menyalurkan aliran cahaya pada tingkat dasar; dalam artian mereka dapat terlihat sebagai gelombang cahaya terpental disekitarnya dengan cara yang ditentukan untuk mencapai hasil tertentu.
Meskipun demikian, hukum dari optik menyatakan bahwa gelombang cahaya hanya bisa dimanipulasi dalam cara ini dengan struktur yang hampir sama besar dengan panjang gelombang.
Sampai sekarang, demonstrasi yang paling mencolok mengenai ketidakterlihatan ini telah terjadi untuk gelombang cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang - dengan warna yang jauh lebih merah - daripada yang bisa kita lihat. Ini terjadi karena lebih mudah untuk membangun metamaterial dengan struktur yang relatif besar.
Bahkan selaput metamaterial fleksibel ini telah ditunjukkan untuk rentang panjang gelombang tinggi.
"Langkah pertama adalah membayangkan bahwa hal ini bisa dilakukan," kata Andrea Di Falco dari Universitas St Andrews, penulis dari makalah ini.
"Semua hasil khas telah dicapai di permukaan datar dan kaku karena ini adalah warisan dari prosedur yang digunakan untuk membuat struktur nano." Ujarnya.
"Biasanya apa yang Anda lakukan adalah tumpukan beberapa lapis struktur jala dan ini semua bersama-sama akan memberi Anda metamaterial," jelas Dr Di Falco.
"Apa yang saya lakukan di sini adalah membuat satu lapisan - yang saya angkat sehingga pada akhirnya akan menghasilkan sebuah selaput yang berdiri sendiri. Dan menunjukkan bahwa ia memiliki sifat yang dibutuhkan untuk membuat metamaterial 3D yang fleksibel".
Ortwin Hess, seorang ahli fisika yang baru-baru ini menjadi ketua Leverhulme di departemen Metamaterial pada Imperial College London, menyebut karya ini sebagai "sebuah langkah besar dalam cara yang sangat banyak".
"Ini jelas belum menjadi Jubah Gaib - tapi itu langkah yang kelak menuju ke arah itu," katanya kepada BBC News.
Dia menambahkan bahwa langkah berikutnya adalah menggambarkan cara berubahnya sifat optik dari material tersebut seperti saat ia bengkok dan bisa dilipat.
Jika materi tersebut sensitif terhadap gerakan, manipulasi halus dari selaput itu dapat membuatnya berguna untuk lensa generasi mendatang, misalnya, kamera genggam.
Jika sebaliknya, materi tersebut tahan terhadap lenturan dan gerakan, selaput-selaput ini mungkin berguna untuk lensa kontak. Dan keinginan untuk mewujudkan jubah tembus pandang tadi bisa jadi lebih dekat lagi - tetapi Profesor Hess menambahkan bahwa masih beberapa cara yang perlu dilakukan.
"Harry Potter masih harus menunggu - itulah tujuan besar," katanya.
"Sejauh ini dia masih harus tinggal di rumah dan sekarang dia bisa hidup dalam sesuatu seperti tenda. Itu bukan jubah yang bisa menyesuaikan bentuknya, tapi sedikit lebih fleksibel. Sekarang kita harus mengambil langkah berikutnya ke depan," ujarnya. (BBC)

No comments:

©