Sunday, 9 September 2012

Komputer Ramah Lingkungan Terbuat dari Kayu



 
Teknologi harus terus maju, tanggung jawab lingkungan hidup jangan dilupakan


Hidayatullah.com--Perusahaan komputer asal Irlandia, IAMECO PC membuktikan kepada dunia bahwa kemajuan teknologi bukanlah sebuah ancaman terhadap lingkungan hidup. Hal itu dibuktikan dengan produksi komputer terbaru perusahaan ini yang terbuat dari kayu.
Komputer ini meski terbuat dari kayu, tetap menggunakan sistem touch screen. Sekitar 98% komponen komputer inipun bisa didaur ulang.
“Komputer layar sentuh ini memiliki konsumsi listrik sangat rendah di seluruh siklus hidupnya, mulai dari produksi hingga penggunaan dan daur ulangnya,” kata Alexander Schlosser, ilmuwan dari IZM seperti yang dilansir oleh Dailymail.co.uk
Kelebihan lain komputer ini juga bisa mengurangi karbon (racun lingkungan hidup) hingga 70%. Potensi ramah lingkungan sebagai solusi dilema perkembangan teknologi akhirnya berhasil dipecahkan dengan penemuan ini.
Dirancang bersama para ilmuwan Jerman, komputer ini telah memenangkan penghargaan EU Ecolabel ‘Flower’ Award. Ecolabel ‘Flower’ Award adalah ajang penghargaan bagi mereka yang mengapresiasi kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Rencananya, perusahaan Irlandia ini sedang mempersiapkan produksi notebook yang juga terbuat dari kayu. Semua itu juga merupakan bagian dari kolaborasi ilmuan Irlandia dan ilmuan Jerman.*

No comments:

©